(三才san-cai)Tian,di,ren…(renungan) pemikiran tentang (TRI-ABILITY).(1)
Tian, secara harfiah, artinya “langit”.
(D)i, artinya “bumi”.
Ren, artinya “manusia”.

Esensi tri-kapasitas ini berasal dari filosofi kitab yi tiongkok kuno.
http://simple.wikipedia.org/wiki/I_Ching
Sebagaimana banyak akademis seluruh dunia mengagumi karena makna yang sangat dalam. kitab "yi" adalah kitab tertua di muka bumi. Sekitar dua ribu tujuh ratus tahun lebih yang lalu. Dari kitab yi ini, telah terungkap banyak rahasia alam dan aturan mainnya, yang dipercayai sebagai suatu sistem alam semesta, oleh banyak kalangan pelajar dibidang ini, dan menjadi anggapan sebagian orang, sebagai warisan peradaban tinggi dari bumi kita, sebelum mengalami musibah global, yang memusnakan semua makluk hidupnya.

Untuk mempelajari yi-jing,( kitab yi ) yang isinya hanya terdiri dari kombinasi garis sambung, dan garis putus ini, tanpa bahasa, bukan suatu hal yang mudah. Namun bila sudah menemukan sedikit saja celahnya,  satu "卦" kua (formation-line) saja, sudah bisa mengungkap satu peristiwa besar, dalam satu abad. Atau hal hal kecil, yang sesuai dengan fenomena dengan "卦"  itu. Baik untuk peristiwa besar di dunia, maupun tanda tanda yang terjadi pada diri seseorang.

Bila anda mengerti efek domino, maka yi-jing tak lain adalah, suatu ilmu prediksi yang “secara pasti”, untuk memberi tahu suatu efek tindakan atau pergantian kondisi.
Sejumlah kartu domino yang disusun berpasangan dengan saling menopang, membentuk barisan panjang dengan rapi, jika kartu pertama didorong jatuh, akan mengakibatkan efek robohnya pasangan kartu berikutnya, secara beruntun, ini disebut efek domino. Efek ini berhenti di posisi tertentu, ( sisa selanjutnya tetap bertahan, barisan kartu tidak selalu semuanya roboh ), formasi baru yang muncul, adalah sekenario berikutnya, dari sistem alam, yang berdasarkan formasi sebelumnya, atau pra kondisi.

 yi ( gerakan merubah ) hanyalah senggolan, terhadap pasangan kartu domino yang pertama, dalam barisan tadi. sedangkan "卦", adalah “像” xiang,atau potret dari hasil yi, dalam bentuk sandi.  gambaran dari formasi baru, tentang berapa banyak kartu yang roboh, dan berapa kartu, yang bakal dibangun kembali, yang masih perlu dijabarkan.

 Yi ( perubahan atau penggantian) adalah “gerak”, yang menggantikan bingkai bergambar lama, dengan bingkai bergambar baru. gambar itu sudah baku. suatu sistem yang logis, pasti terjadi demikian. Jika pra-kondisinya adalah “A”, maka gambar yang akan muncul berikutnya, pasti adalah “B”. ( tidak mungkin menjadi C atau x dll).

Yi-jing adalah buku tentang “perubahan”. Selama ada “gerak”, ( tindakan untuk berubah ), maka yi-jing mampu memberi tahu, dengan syarat dan kondisi yang terdapat sekarang, apa yang akan terjadi selanjutnya. jika terjadi "aksi penggantian".
Berdasarkan efek dari suatu perubahan dari kondisi lama, baik secara sengaja atau tidak sengaja, tanpa disadari atau tanpa dipahami ( sebelum mempelajari yi jing), yi membuat perubahan posisi sekarang menuju ke posisi baru, sebagai terusan dari kondisi sekarang.

Dunia sedang menuju ke dalam “gambar” yang bagaimana, tentunya juga bisa diprediksi oleh banyak pakar, melalui banyak metode. Yi–jing hanya merupakan suatu ilmu, yang telah “dirumuskan”secara pasti, dari apa yang diprediksi oleh para pakar, jauh sebelumnya.

Filosofi yang termuat dalam yi-jing, secara esensi adalah dimulai dari pemikiran “ tian,di,ren” , tiga kapasitas manusia, untuk memahami yi-jing. Tanpa mempelajari pemikiran tri-kapasitas, tidak akan mendapat kunci masuk yi-jing..

Mengapa perlu memahami( tian-di-ren ) pemikiran tri-kapasitas terlebih dahulu?

pemikiran Tri-kapasitas mampu mengungkap rahasia besar, tentang kehidupan. yi-jing adalah hasil karya yang berlandasan pada filosofi ini.

Setiap insan dibumi, atau setiap makluk hidup yang berada di dalam siklus pertumbuhan, tidak terlepas dari pemikiran tri-kapasitas. Oleh karena itu, Yi-jing bukan teori sembarang dibuat. kitab ini mempunyai landasan kuat, dari disiplin ilmu alam yang logis. 

Didalam kitab yi terdapat 64 "卦" (formation-line), masing masing "卦"(kua) adalah satu paket, "卦" (formation-line) sebagai reflektor ( cermin, barang jadi. ), untuk melihat situasi atau kondisi, baik untuk seseorang, keluarga, atau satu negara, apa yang sedang terjadi, selanjutnya ,dan progresnya dalam satu skenario paket "卦" itu, hingga berakhir. sesuai dengan alur prinsip yi .

Sedangkan memahami (tian-di-ren) tri-kapasitas, dapat membantu kita mengenal lebih mendalam, tentang logika sebab-akibat, yang digariskan oleh yi-jing.

halaman ini hanya sekedar perkenalan, tentang pemikiran tri-kapasitas, belum membahas inti sari-nya.
…………… bersambung. Related link: moo-ci.com

http://zh.wikipedia.org/wiki/三才

author: AK.Chandra.

/strong

span style="color:#2f4f4f;"